Friday, August 13, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 4: KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

"bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..." (QS. Al Baqarah: 185)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh Barakah. Pada bulan ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam LAILATUL QADR. Di setiapnya hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma'shiyat agar menahan diri.

Mengontrol emotional eating (ketika berbuka) adalah salah satu hal dari menahan diri :)

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |No| belum bisa... :(
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya| jalan kaki ke mesjid & tarawih, berdiri lebih baik daripada duduk :D
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Mind & body connected

Hal yang akan aku lakukan besok...
Besok masih hari minggu, artinya masih menemani anak-anak berpuasa...horeey... :)

0 comments:

Post a Comment