Monday, August 30, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 20: 10 HARI KEDUA RAMADHAN

Sepuluh hari kedua di Bulan Ramadhan adalah Maghfirah/Pengampunan.

Setiap mukmin memerlukan pengampunan dosa dan penghapusan kesalahan. Tentulah kita tahu bahwa tidak seorangpun terlepas dari dosa dan kesalahan. Abu Tamam mengisyaratkan sebuah hadits Rasulullah SAW yang bersumber dari Anas bin Malik r.a:
“Setiap orang di antara kamu sekalian melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah yang bertaubat.” (HR. Ahmad).

Dan Allah SWT berfirman “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (Q.S. Al Baqarah: 222)

Tidak boleh berputus asa di dalam bertaubat menuju kepada keampunan dari Allah, meskipun dosa-dosa sudah memenuhi kolong langit. Allah adalah Maha Pencipta semua makhluk dan menguji semua amal perbuatan makhluk manusia itu. *Sumber*

Mengapa berputus asa dengan 'langsing'?

Ketika menjalankan 5 Magic Rules HypnoLangsing, tidak semua hari merupakan 'hari baik', ada kalanya menjadi 'hari buruk'. Hari buruk, ketika aku makan secara emosi & full, dan ketika merasa jarum timbangan tidak menunjukkan penurunan, sementara aku merasa sudah melakukan semua aturan yang diberikan.

Itulah sebabnya mengapa tidak dianjurkan untuk terlalu sering menimbang, karena setelah itu bisa menjadi 'hari baik' atau 'hari buruk' bagi kita.

Dari pada berlanjut menjadi putus asa, segera kembalikan 'hari buruk' menjadi 'hari baik' dengan menyadari bahwa 'hari-hari buruk' hanyalah bersifat sementara, dan kemudian membiarkan kembali 5 Magic Rules tetap bekerja menurunkan berat badanku.

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |Ya| Insya Allah :)
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya|
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Jalan kaki menyehatkan

Hal yang akan aku lakukan besok...
Bekerja

RE-VIEW AND RE-NEW

Hal besar yang terjadi dalam 10 hari ini...
Banyaknya undangan untuk berbuka puasa bersama, merupakan sarana latihan kendali 'emotional eating' dan mempertahankan skala netral.

Tantangan terbesar...
Undangan berbuka puasa bersama.

Kebiasaan baru...
Bangun dan beraktifitas menjadi lebih pagi.

Hal-hal yang sudah dipelajari...
Puasa bukan berarti mengurangi aktifitas dan bermalas-malasan.

Prioritas 10 hari ke depan...
Menyempurnakan ibadah Ramadhan & 5 Magic Rules HypnoLangsing.

BB 10 hari kedua Ramadhan = kg

0 comments:

Post a Comment