Thursday, August 19, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 10: 10 HARI PERTAMA RAMADHAN

Dari Salman Al-Farisi ra. berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah pada hari terakhir bulan Sya’ban: Wahai manusia telah datang kepada kalian bulan yang agung, bulan penuh berkah, didalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasanya wajib, dan qiyamul lailnya sunnah. Siapa yang mendekatkan diri dengan kebaikan, maka seperti mendekatkan diri dengan kewajiban di bulan yang lain. Siapa yang melaksanakan kewajiban, maka seperti melaksanakan 70 kewajiban di bulan lain. Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan kesabaran balasannya adalah surga. Bulan solidaritas, dan bulan ditambahkan rizki orang beriman. Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka dan mendapatkan pahala seperti orang orang yang berpuasa tersebut tanpa dikurangi pahalanya sedikitpun ». kami berkata : »Wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam Tidak semua kita dapat memberi makan orang yang berpuasa ? ». Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Allah memberi pahala kepada orang yang memberi buka puasa walaupun dengan satu biji kurma atau seteguk air atau susu. Ramadhan adalah bulan dimana awalnya rahmat, tengahnya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka (HR Al-‘Uqaili, Ibnu Huzaimah, al-Baihaqi, al-Khatib dan al-Asbahani). *Sumber*

Sepuluh hari pertama di Bulan Ramadhan adalah Rahmat.

Rahmat Allah adalah milik semua hamba-Nya, terlebih bagi hamba-hamba yang tak pernah lengah dari merasa diri selalu diintai oleh sang maha Pencipta.

Sepuluh hari pertama Hypnolangsing di Bulan Ramadhan adalah masa-masa penyesuaian.

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |Ya| Insya Allah :)
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya| bebek goreng :D
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya|
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Feel good about my self :)

Hal yang akan aku lakukan besok...
Libur...berpuasa di rumah dan melanjutkan balajar bikin kue kering :D

RE-VIEW AND RE-NEW

Hal besar yang terjadi dalam 10 hari ini...
Penyesuaian ulang terhadap waktu makan yang berubah dan ditentukan waktunya, yaitu ketika sahur dan berbuka.

Tantangan terbesar...
Menahan emosi ketika berbuka (emotional eating).

Kebiasaan baru...
Bangun dan beraktifitas menjadi lebih pagi.

Hal-hal yang sudah dipelajari...
Ketika niat berpuasa semata-mata untuk ibadah, tubuh memiliki caranya sendiri untuk mengikuti hati dan pikiran, sehingga tidak terasa 'kelaparan', dan ketika berbuka masih dapat makan dengan sadar dan berhenti ketika netral.

Prioritas 10 hari ke depan...
Meningkatkan ibadah dan meningkatkan kendali 'emotional eating' ketika berbuka.

BB 10 hari pertama Ramadhan = 60 kg

0 comments:

Post a Comment