Friday, August 20, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 11: YANG MEMBATALKAN

Islam dibangun diatas lima dasar, yaitu Rukun Islam. Ibarat sebuah rumah, Rukun Islam merupakan tiang-tiang atau penyangga bangunan bangunan ke-Islam-an seseorang. Di dalamnya tercakup hukum-hukum islam yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia.

“Sesungguhnya Islam itu dibangun atas lima perkara: bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji ke Baitullah dan puasa di buIan Ramadhan” (HR. Bukhari Muslim)

Puasa di Bulan Ramadhan termasuk Rukun Islam yang ke-4. Rukun berpuasa adalah berniat sejak malam hari, dan menahan makan, minum, koitus (Jima') dengan istri/suami di siang hari sejak terbit fajar sampai terbenam matahari (Maghrib).

Akan batal puasa seseorang, jika...
a. Sengaja makan dan minum di siang hari.
b. Sengaja muntah.
c. Sengaja bersetubuh dengan istri/suami di siang hari Ramadhan. Selain batal puasanya, terkena hukum yang berupa: memerdekakan seorang hamba, bila tidak mampu maka puasa dua bulan berturut-turut, dan bila tidak mampu, maka memberi makan enam puluh orang miskin.
d. Datang haidh di siang hari Ramadhan (sebelum maghrib). Wanita yang sedang haidh dilarang puasa sampai habis masa haidh-nya. Di luar Ramadhan ia wajib meng-qadha puasa yang ditinggalkannya selama masa haidh.

Hypnolangsing memiliki 5 Magic Rules. Bisa jadi, akan batal langsing seseorang, jika...
a. Sengaja makan ketika tidak lapar.
b. Sengaja mengkombinasikan dengan Diet, memilih-milih makanan.
c. Sengaja makan dengan tergesa-gesa (emosional).
d. Sengaja makan melebihi full.
e. Sengaja malas bergerak.

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |Ya| Insya Allah :)
2. Aku makan ketika sahur |No| alarm tidak berfungsi :(
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya|
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
What the mind think, the body will re-act...walau gak sahur, tetep bisa puasa sampai maghrib :)

Hal yang akan aku lakukan besok...
Plesiran...

0 comments:

Post a Comment