Wednesday, August 11, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 2: PUASA UNTUK IBADAH

@JuliTriharto: "Puasa memiliki dimensi spiritual, ketika niatkan ibadah, maka tubuh mengikuti. Tidak ada hutang metabolisme dibayar metabolisme."

Puasa merupakan satu cara untuk mendidik individu dan masyarakat untuk tetap mengontrol keinginan dan kesenangan dalam dirinya walaupun diperbolehkan. Dengan berpuasa seseorang dengan sadar akan meninggalkan makan dan minum sehingga lebih dapat menahan segala nafsu dan lebih bersabar untuk menahan emosi.

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |No| masih 'libur'
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya| jalan kaki
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Walau sedang 'libur' puasa, tetap menghormati yang berpuasa dengan tidak makan & minum di siang hari

Hal yang akan aku lakukan besok...
Insya Allah mulai besok sudah bisa puasa full :)

0 comments:

Post a Comment