Wednesday, August 25, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 15: TIDURNYA ORANG YANG PUASA BUKAN IBADAH

”Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah, diamnya adalah tasbih, amalnya dilipat gandakan, do’anya dikabulkan dan do’anya diampuni” (Jami’Al Saghir, karya Imam As Suyuthi, Juz II/678)

Meski di dalam kandungan hadits ini ada beberapa hal yang sesuai dengan hadits-hadits yang shahih, seperti masalah dosa yang diampuni serta pahala yang dilipat-gandakan, namun khusus lafadz ini, para ulama sepakat mengatakan status kePALSUannya.

Menurut Imam Al Baihaki, di dalam sanad hadits itu terdapat nama-nama seperti Ma’ruf bin Hasan, seorang rawi yang dhaif dan Sulaiman bin Amr al Nakha’i, seorang rawi yang lebih dhaif daripada Ma’ruf.

Sementara itu menurut Ibnu Hibban, Sulaiman bin Amr al Nakha’i adalah orang Baghdad yang secara lahiriyah adalah orang shalih tetapi ia memalsu hadits. Imam Al Hakim yakin secara pasti bahwa Sulaiman Al Nakha’i adalah pemalsu hadits.

Dengan demikian tidurnya orang yang berpuasa bukanlah ibadah karena hadits itu tidak benar berasal dari Rasulullah SAW.

Tidaklah dibenarkan seorang yang berpuasa hanya menghabiskan sepanjang siangnya dengan tidur meskipun hal ini tidaklah diharamkan selama dirinya masih menunaikan kewajiban-kewajiban shalat pada waktu-waktunya. *Dari berbagai sumber*

Dikutip dari detikHealth:

"Pada puasa, tubuh dipersiapkan untuk beraktivitas dengan makan pada saat sahur dan buka puasa, jadi sebaiknya aktivitas tetap dilakukan," tutur Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM.

Pada saat tubuh dalam kondisi siaga dan orang sengaja menidurkannya dengan tidur-tiduran, maka otot-otot tubuh akan melemas. Sehingga pada saat berusaha untuk melakukan sesuatu, tubuh tidak siap untuk melakukannya.

Alangkah baiknya untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari ketika berpuasa, tetapi menghindari aktivitas yang berat atau dilakukan di tengah hari.

Selamat beraktifitas! :)

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |Ya| Insya Allah :)
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya|
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Sabar

Hal yang akan aku lakukan besok...
Shooping, yey!! :D

0 comments:

Post a Comment