Tuesday, November 24, 2009

Ternyata kenyang ada skalanya

“Alhamdulillah, kenyang banget nih.”

Di HypnoLangsing, aku baru mengetahui bahwa kenyang itu ada skalanya. Kalau dulu, aku lebih sering mengetahui kalau aku kenyang dari makan yang habis di piringku, saat ini tidak lagi. Ternyata tubuhku memiliki sinyal yang bisa menghantarkan perasaan kenyang itu ke otakku, dan aku hanya perlu memperhatikan sinyalnya. Sinyal mana yang bisa ditangkap setelah makan?

Aku kekenyangan, gak bisa langsung bangun dari tempat duduk, tunggu sebentar lagi.
Aku kekenyangan, gak enak banget perutnya, kayaknya musti longgarin inget pinggang nih.
Aku kenyang, tapi kok rasanya enak banget sih, sayang kalo gak diabisin.
Aku kenyang, dah kebanyakan makan nih, tapi gak pa pa deh kalo ngambil sedikit lagi.
Kayaknya dah cukup deh, makannya.
Kayaknya, aku dah gak lapar lagi nih.

Semakin aku dapat menyadari sinyal tubuh itu, semakin mudah bagiku untuk menurunkan berat badan. Bagaimana aku bisa menyadarinya? Mudah kok, aku menebak saja. Aku tidak perlu khawatir, apakah tebakanku salah atau benar. Setiap kali aku merasa salah menebak, berbahagia saja, karena pengalaman itu akan menjadikan aku lebih akurat di masa mendatang. Dan memang, ketika proses ini menjadi kebiasaan, hal ini akan terjadi dengan sangat cepat dan tanpa aku harus memikirkannya sama sekali.

Secara alami, tubuhku diciptakan untuk makan ketika lapar dan berhenti makan ketika kenyang. Program yang dari kecil aku terima, yang mengharuskan aku untuk menghabiskan makanan di piring, menjadikan aku, selama bertahun-tahun, tidak memperhatikan sinyal dari tubuhku sendiri.

Ketika aku belum bisa meninggalkan kebiasaan untuk menghabiskan makanan di piringku, aku membiasakan mengambil seporsi kecil makanan dulu, sehingga ketika aku belum kenyang, aku bisa mengambilnya lagi dengan perasaan senang. Namun menambah makanan adalah keputusan sadarku, bukan menjadi kebiasaan baruku.

Ketika aku makan dengan tenang dan perlahan-lahan, aku melihat ke dalam piringku, aku merasakan bahwa perutku sudah kenyang, aku letakkan sendok dan garpuku dan aku jauhkan piringku. Mengetahui bahwa masih ada sisa di piringku akan memberikan kepuasan tersendiri kepadaku karena saat ini aku telah berhasil mengontrol makanku dan mengetahui bahwa aku sudah kenyang.

Aku berhenti makan ketika kenyang.

Posted on Juni 8th, 2009 at 1:00 pm by akulangsing

0 comments:

Post a Comment