Tuesday, November 24, 2009

Lupakan diet!

Aku katakan pada diri sendiri:
“Mulai saat ini, tidak ada satu pun yang dapat membatasiku untuk makan apapun yang aku inginkan. Selamanya!”

Ketika berdiet, aku selalu membatasi makanan apa yang harus aku masukkan ke dalam tubuhku, hal itu kadang melelahkan, seolah terjadi pertempuran internal di dalam tubuhku antara tujuan positifku untuk makan makanan yang aku inginkan dengan penolakan untuk memakannya (bahkan oleh diriku sendiri).

Ketika berdiet, aku membiarkan pikiran sadar mengontrol pikiran bawah sadarku, yaitu ketika aku menghitung kalori. Ketika aku sampai kepada kepada jumlah kalori tertentu, dengan segera aku mengatakan pada tubuhku untuk berhenti makan, padahal saat itu aku masih lapar.

HypnoLangsing mengatakan, Lupakan diet! Lepaskan diri dari perasaan ‘baik’ dan ‘tidak baik’ ketika makan.

Dari pada membatasi diri dengan makanan tertentu, dan hanya akan membuat makanan tersebut semakin mengontrolku. Aku ajak untuk berdamai dengan makanan, dan mulai belajar untuk mendengarkan keinginan tubuhku sendiri. Selama aku lapar, aku bisa makan apa saja yang aku inginkan. Yaitu makan dengan memperhatikan sinyal internal tubuh, dan mengenali apa yang tubuhku inginkan kemudian mengatur seberapa banyak aku makan berdasarkan rasa lapar dan kenyang, bukan memanipulasi apa yang aku makan, seperti ketika aku melakukan diet, dengan menghitung asupan kalori, menghitung asupan lemak, dsb.

Untuk mulai membiasakan diri untuk tidak menghitung makananku, aku melakukan hal kecil sebagai berikut, aku makan satu makanan dalam satu hari tanpa menghitung apapun. Setelah beberapa hari, aku makan dua makanan sehari tanpa menghitung. Demikian selanjutnya sampai aku bisa berhenti menghitung makananku.

Setelah aku terbiasa dengan cara-cara pemilihan makanan dengan cara HypnoLangsing, akhirnya aku merasa, aku tidak harus menghindari makanan-makanan tertentu, tetapi lebih karena makanan-makanan tersebut sudah tidak bisa lagi merangsang selera makanku.

Aku juga menyingkirkan makanan dan minuman yang tidak menginspirasiku dan membuat aku merasa terbebani, seperti minuman diet, makanan rendah gula, makanan rendah lemak, dll, aku membiarkan tubuhku untuk menikmati makanan apapun yang diinginkannya.

Dan ketika aku benar-benar merasakan sensasi yang ditimbulkan oleh setiap makanan tersebut, terhadap beberapa makanan, aku merasakan bahwa aku mungkin memang tidak menyukai makanan yang tadinya aku kategorikan sebagai daftar makanan yang dilarang untuk aku makan.

Selama aku lapar, aku bisa makan apa pun yang aku inginkan.

Posted on Mei 31st, 2009 at 6:24 am by akulangsing

0 comments:

Post a Comment