Monday, November 23, 2009

Ternyata aku salah…

“Kok dia bisa langsing sih?”

“Aku ngga akan pernah bisa diet. Dari kecil aku memang udah gemuk, dan mungkin aku terlahir untuk gemuk, lebih baik aku terima saja. Karena aku ngga bisa diet, mungkin lebih baik aku makan aja!”

Aku memang gemuk sejak kecil, menjadi yang paling besar di TK dan SD, berlanjut ke SMP, SMA, dan kuliah….tidak pernah tidak gemuk. Gemuk adalah nasibku, ini karena tulangku yang besar dan proses metabolisme tubuhku yang lambat. Diet seperti apapun tidak bisa membuat berat badanku ideal, sampai akhirnya, aku mencari alasan untuk tetap gemuk. Aku berhenti berusaha dan dengan terpaksa (dalam hati) menerima keadaan ini.

Ternyata aku salah…

Ternyata…proses metabolisme ibarat mesin dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Jika proses metabolisme tubuh meningkat, pembakaran kalori dan lemak tubuh juga berlangsung lebih cepat. Diet dengan mengurangi makan secara drastis akan membuat proses metabolisme tubuh mengalami perlambatan. Sehingga akibatnya tubuh tidak dapat membakar lebih banyak kalori dan lemak.

Ternyata…membiarkan tubuh merasakan kelaparan itu salah, aku harus mengatakan pada tubuhku bahwa akan selalu ada cukup makanan dalam tubuhku sehingga proses metabolisme meningkat.

Ternyata…jika aku gemuk, itu bukan salah tubuhku, itu adalah kesalahan dari program di pikiranku. Otak itu seperti komputer, yang perlu disesuaikan adalah software-nya. Bila setiap kali aku berdiet, aku selalu merasa gagal, yang tertanam di otakku adalah; menurunkan berat badan itu sulit!

Ternyata…selama bertahun-tahun, program itu tertanam di pikiran bawah sadarku, sehingga setiap kali aku ingin berdiet, pikiran bawah sadarku menghalangi usaha itu, karena; menurunkan berat badan itu sulit!

Aku harus merubah pemikiranku terhadap makanan dan perasaanku terhadap diriku sendiri. MENURUNKAN BERAT BADAN ITU MUDAH DAN AKU MEMILIKI KONTROL TERHADAP MAKANAN!

Posted on Mei 25th, 2009 at 3:48 pm by akulangsing

0 comments:

Post a Comment