Tuesday, November 24, 2009

Puasa vs HypnoLangsing?

Salah satu aturan yang diberikan oleh hypnolangsing adalah ketika aku merasa lapar, maka makan lah. Jangan membiarkan tubuhku merasakan kelaparan. Aturan tersebut membuat aku bertanya. Berarti kalau aku puasa, gak bisa dong pake hypnolangsing? Puasa kan menahan makan dan minum sedangkan hypnolangsing tidak memperbolehkan kita menahan lapar?

Ternyata tidak ada pertentangan antara berpuasa dengan hypnolangsing. Aku bisa tetap berpuasa dan ber-hypnolangsing sekaligus.

Berdasarkan ajaran agamaku, Islam, puasa/shaum berarti menahan nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Menahan nafsu, termasuk nafsu untuk makan dan minum. Dan dikatakan juga, sangat merugi orang yang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja.

Kita tidak diperbolehkan membatalkan puasa dengan sengaja; kecuali sakit, sedang dalam perjalanan jauh atau alasan lain yang diperbolehkan agama. Tapi kenapa kadang kita tergoda untuk membatalkan puasa dengan sengaja padahal kita tidak sakit atau tidak sedang dalam perjalanan jauh? Itu karena nafsu. Kita tidak benar-benar lapar atau haus, lapar kita hanya emosional bukan physical, kita sengaja berbuka karena tidak tahan melihat makanan yang disajikan, tidak tahan karena melihat orang lain makan, tidak tahan karena ditawarkan orang lain untuk makan, dan banyak lagi alasannya. Yang membuat kita lapar dengan tiba-tiba dan itu bukan lapar yang sebenarnya, itu emotional hunger.

Physical hunger datangnya dari Tuhan, diberikan secara perlahan-lahan. Tuhan menciptakan tubuh kita dengan sempurna dan Dia tahu bahwa tubuh kita mampu menahan lapar selama kurang lebih 12 jam. Jadi tidak ada masalah apakah aku sedang dalam program hypnolangsing dan berpuasa sekaligus, karena aku percaya tubuhku memiliki sinyal yang datangnya dari Tuhan.

Seperti kamis kemarin, aku berpuasa. Tidak ada masalah dengan rasa lapar. Dan ketika tiba waktu berbuka, aku memilih makanan yang diinginkan tubuhku. Satu porsi hoka hoka bento paket hemat. Aku masih bisa makan dengan sadar dan perlahan-lahan; dan aku menyisakan sebagian makanan di piringku karena tubuhku sudah memberikan sinyal rasa kenyang.

Puasa tidak menghalangiku untuk ber-hypnolangsing dan hypnolangsing tidak menghalangiku untuk berpuasa.

Posted on Juni 19th, 2009 at 4:23 pm by akulangsing

0 comments:

Post a Comment