Tuesday, November 24, 2009

Makan dengan Nyaman = Nyaman dengan Makan?

Apa hubungannya antara makan dengan nyaman dan nyaman dengan makan? Keduanya sama-sama makan dan sama-sama nyaman. Sepertinya sih gak ada perbedaannya. Tapi sebenarnya….berbeda

Dalam HypnoLangsing yang aku ikuti, makan dengan nyaman sangat dianjurkan, sedangkan nyaman dengan makan sebaiknya dihindari.

Makan dengan nyaman adalah makan dengan tenang dan perlahan-lahan, kondisi dimana ketika aku lapar, aku menikmati proses makanku sehingga aku bisa mengetahui kapan aku bisa berhenti makan, yaitu ketika sinyal dari perut sampai ke otakku dan mengatakan, cukup! Pada saat itulah aku meletakan semua alat makanku dan berhenti makan.

Nyaman dengan makan atau comfort eating adalah ketika aku mencari perasaan nyaman dengan makanan. Aku nyaman dengan makan ketika merasa sedih atau kesepian, ketika menonton tv, dan ketika stress dalam pekerjaan. Makan menjadi tujuan utamaku dalam mengendalikan emosi dan mengurangi stres. Dengan makan, aku merasa bisa mengubah emosiku menjadi lebih tenang, padahal tidak! Ketika aku makan dan makan terus tanpa pernah merasa puas, ini karena aku tidak memerlukan makanan, yang aku butuhkan hanya mengubah perasaanku.

Sangat jelas perbedaannya, maka mulai saat ini, makanlah dengan nyaman, dan bukan mencari kenyamanan dengan makan.

Posted on Nopember 3rd, 2009 at 3:27 pm by akulangsing

0 comments:

Post a Comment