Tuesday, November 24, 2009

I am full or I am done

Rahasia hypnolangsing ternyata dipraktekkan di sekolah Zakki, dan ini bagus dibiasakan semenjak kecil :))

Anakku Zakki, Juni kemarin berumur 6 tahun, di sekolahnya termasuk anak yang gemuk, namun alhamdulillah, gemuk tidak membuat dia malas bergerak, dia sangat aktif dan banyak bergerak. Konsep hypnolangsing, move more and speed up metabolism, insya allah sudah bisa dilakukan oleh Zakki. Aku sebagai orang tua tinggal mengarahkan kegiatan fisik menyenangkan apa lagi yang bisa dia lakukan.

Eat less, menjadi konsep berikutnya yang harus aku kenalkan kepada Zakki, tanpa mengurangi kandungan gizi dan asupan makanan bagi dia. Dan ternyata di sekolah, Zakki sudah diperkenalkan dengan konsep itu.

Ada dua kalimat yang bisa diucapkan Zakki dan teman-temannya di sekolah ketika snack time berakhir,
I am full, ketika mereka sudah kenyang.
I am done, ketika makanannya sudah mereka habiskan.

Sungguh, ini adalah konsep hypnolangsing yang sangat mudah untuk diterapkan kepada anak-anak. I am full dan I am done melatih anak untuk bisa merasakan sendiri bagaimana tubuh mereka merespon terhadap makanan yang mereka makan. Konsep ini tidak memaksa anak untuk menghabiskan makanan di dalam piring mereka ketika mereka sudah kenyang. Biarkan mereka sendiri yang menentukan kenyang tidaknya.

Kalimat yang sangat populer aku ucapkan ketika Zakki atau adiknya, Lea, makan adalah, bukan lagi “habiskan makanannya” tetapi “berhenti makannya kalau sudah kenyang”. :))

Posted on Juni 29th, 2009 at 12:29 pm by akulangsing

0 comments:

Post a Comment