Tuesday, November 24, 2009

Aku lapar ketika…

Aku lapar ketika….

- Jam menunjukkan pukul 12.00 siang, itu bertanda lunch
- Mencium aroma makanan
- Melihat ada makanan
- Melihat orang lain makan
- Nonton TV
- Aku stress/sedih/patah hati
- dsb

Ketika jam menunjukkan pukul 12.00 siang, tiba-tiba aku merasa lapar, aku merasa harus makan, kalau tidak, bisa telat makan siangnya. Padahal sebelumnya, jam 10.00, baru saja aku makan snack suguhan meeting. Jam itu seperti sebuah tanda, ketika sudah menunjukkan pukul 12.00 siang, itu tandanya harus makan, apa pun kondisiku saat itu, padahal mungkin yang kusangka lapar itu, bukan lapar sebenarnya. Hanya kondisi yang mengharuskan aku makan. Kondisi ini selama bertahun-tahun menempel dalam pola makanku dan menjadi sebuah kebiasaan.

“Aduh, baunya enak banget sih, jadi laper nih.” Kondisi kedua yang menyebabkan aku lapar tiba-tiba.

Aku sudah kenyang, tapi sayang nih, masih ada makanannya di piring. Makanan mahal begini, sayang kalau tidak dihabiskan. Kondisi lain, yang menyebabkan aku menjadi masih lapar.

“Enak banget sih dia makannya, aku juga pesen ah.” Kondisi lain.

Ada yang bilang, nonton film di bioskop gak lengkap kalau gak pegang popcorn, ini juga sudah menjadi kebiasaan di lingkungan pergaulan. Nonton TV malam-malam, memang lebih enak sambil ngemil. Ngemil tidak membuat aku kenyang, ketika cemilan atau acara-nya belum habis, aku masih lapar.

Stress, marah, suntuk, bosan, kecewa….gantikan saja dengan makan. Aduh, iklan ini membuat aku lapar.

Sesungguhnya, aku baru tahu bahwa lapar tidak seperti itu. Itu hanya lapar yang diakibatkan oleh emosi, aku tidak benar-benar membutuhkan makanan ketika kondisi-kondisi di atas terjadi. Bila tubuh memberikan sinyal bahwa ia butuh makanan, maka itulah sebenarnya tanda lapar. Lapar itu diberikan oleh Tuhan secara perlahan-lahan, melalui komunikasi antara otak dan perut.

HypnoLangsing membuat aku bisa membedakan antara Physical Hunger dan Emotional Hunger, sehingga aku menjadi lebih bisa mengontrol diri terhadap makanan.

Posted on Mei 28th, 2009 at 11:36 am by akulangsing

0 comments:

Post a Comment