Thursday, September 9, 2010

[Jurnal HL Ramadhan]: Hari 30: AKHIR RAMADHAN

لاَ تَصُومُوا حَتَّى تَرَوْا الْهِلَالَ وَلَا تُفْطِرُوا حَتَّى تَرَوْهُ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا لَهُ

Janganlah kalian puasa hingga melihat hilal, jangan pula kalian berbuka hingga melihatnya, jika kalian terhalangi awan, maka sempurnakanlah hitungannya menjadi tiga puluh hari (HR. Bukhari no. 1773, Muslim no. 1795, al-Nasai no. 2093; dari Abdullah bin Umar ra.).

Hari ini, hari terakhir Ramadhan...akhir dari pengkondisian yang mengajak kita untuk menjadi karakter orang-orang yang bertakwa.

Semoga kita semua diberikan oleh Allah kemudahan untuk terus membawa semangat Ramadhan dalam kehidupan selama sebelas bulan kedepan. Amiin.

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |No| 'libur' :(
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |Ya|
7. Aku menggerakkan badan |Ya|
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Bersabar dalam perjalanan

Hal yang akan aku lakukan besok...
Idul Fitri 1431 H

RE-VIEW AND RE-NEW

Hal besar yang terjadi dalam 10 hari ini...
Mudik.

Tantangan terbesar...
Mengatasi emosional shooping perlengkapan lebaran (kue-kue, dll)

Kebiasaan baru...
Bangun dan beraktifitas menjadi lebih pagi.

Hal-hal yang sudah dipelajari...
Puasa melatih emosi (terutama makan dan belanja).

Prioritas 10 hari ke depan...
Masih ada ibadah sunnah Syawal.

BB 10 hari ketiga Ramadhan = 59 - 60 kg

0 comments:

Post a Comment