Wednesday, September 8, 2010

[Jurnal HL Ramadhan] Hari 29: RUKHSAH SAFAR

Hari ini kami sekeluarga, aku, suami, anak-anak & bibi, melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman suami. :)

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka) maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu, pada hari yang lain. Allah mengendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” [Al-Baqarah: 185].

Terdapat rukhsah atau keringanan dari Allah SWT untuk seseorang yang sedang dalam perjalanan (safar), untuk tidak berpuasa.

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam(yang artinya) : “Sesungguhnya Allah menyukai didatanginya rukhsah yang diberikan, sebagaimana Dia membenci orang yang melakukan maksiat” [Hadits Riwayat Ahmad 2/108, Ibnu Hibban 2742 dari Ibnu Umar dengan sanad yang shahih].

Dan firman-Nya di tengah ayat tentang rukhshah berbuka dalam safar (yang artinya) : “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” [Al-Baqarah : 185]

Yakni, kemudahan bagi orang yang safar adalah perkara yang diinginkan, ini termasuk salah satu tujuan syari’at. cukup bagimu bahwa Dzat yang mensyari’atkan agama ini adalah pencipta zaman, tempat dan manusia. Dia lebih mengetahui kebutuhan manusia dan apa yang bermanfaat bagi mereka. Allah berfirman (yang artinya) : “Apakah Allah Yang Menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan) ; dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui ?” [Al-Mulk : 14]. *Sumber*

Hari ini kami sedang dalam perjalanan, dan kami tidak berpuasa...yang tetap harus aku lakukan adalah 'hanya makan ketika lapar'. Karena kebiasaan lama ketika akan bepergian jauh, biasanya bawaan yang paling lengkap di mobil adalah 'cemilan', untuk mengatasi kebosanan dalam perjalanan. Mulai sekarang, bawalah 'cemilan' se-netral-nya saja. :D

Ceklis Hari ini.

1. Aku puasa |No| 'libur' :(
2. Aku makan ketika sahur |Ya|
3. Aku makan ketika berbuka |Ya|
4. Aku makan yang diinginkan |Ya|
5. Aku makan dengan sadar |Ya|
6. Aku berhenti makan, ketika netral |No| :((
7. Aku menggerakkan badan |Ya|
8. Aku minum air putih |Ya|

Hal Positif yang aku dapat hari ini...
Bismillaahi majreha...

Hal yang akan aku lakukan besok...
Eksplorasi Kampung Halaman

0 comments:

Post a Comment