Sunday, December 13, 2009

"Yuk Kunyah Baik-Baik!"

Biasanya orang mulai makan dengan berkata, "Itadakimasu" (selamat makan), tapi di Tomoe Gakuen lain. Sebelum makan semua bernyanyi. Kepala sekolah pemusik, dia menciptakan satu lagu khusus berjudul Lagu untuk Dinyanyikan Sebelum Makan Siang. Sebenarnya dia hanya mengarang kata-katanya dan menyesuaikannya dengan nada lagu yang sangat terkenal Row, Row, Row Your Boat. Kata-kata yang disusun Kepala Sekolah seperti ini:

Yuk kunyah baik-baik,
Semua makananmu;
Yuk kunyah baik-baik,
Nasi, ikan, sayur!

Barulah setelah menyanyikan lagu itu, mereka semua mengucapkan "Itadakimasu."
Syair lagu ciptaan Kepala Sekolah sangat pas dengan nada lagu Row, Row, Row Your Boat. Sampai bertahun-tahun kemudian banyak murid sekolah itu percaya lagu tersebut memang lagu wajib pengantar sebelum makan.

Kepala Sekolah mungkin menciptakan lagu itu karena beberapa giginya sudah tanggal. Tapi dia selalu mengatakan kepada anak-anak untuk makan pelan-pelan, bahkan mereka boleh berlama-lama makan sambil mengobrol. Jadi lebih besar kemungkinan dia membuat nyanyian itu untuk mengingatkan murid-muridnya akan pentingnya makan dengan santai.

Setelah bernyanyi keras-keras, semua anak serentak mengucapkan "Itadakimasu" dan mulai menyantap "sesuatu dari laut dan sesuatu dari pegunungan".

Selama beberapa waktu Aula menjadi sunyi.

[Kuroyanagi, Tetsuko. 2003. Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela, hal 46-47. Gramedia Pustaka Utama]

0 comments:

Post a Comment