Sunday, December 20, 2009

HypnoLangsing, is it working?

Semenjak orang mulai menyadari perubahan pada diriku, banyak juga komentar yang disertai dengan pertanyaan.

"Lo langsingan, Lin, pake apaan?"

"Gak pake apa-apa. Gue ikut hypnolangsing."

"Hah! Apaan tuh? Lo diapain? Disuruh tidur ya? Di-hipnosis biar gak suka makan ya? Jangan-jangan lo dibikin gak doyan makanan?"

Dan...masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan dan prasangka-prasangka lain. Malah ada yang berkomentar, "Gue mah gak mungkin bisa berhasil pake hipnosis, gue gak mempan 'digituin'."

Hhhmmm...maksudnya 'digituin' itu diapain ya?? Hehehe...

Sebenernya apa sih yang aku alami selama proses hypnolangsing?

Hypnolangsing yang aku jalani memiliki persyaratan mutlak, yaitu open mind. Dengan open mind, aku dapat dengan mudah menerima sugesti yang diberikan, kemudian melakukannya tanpa perlu mempertanyakan.

"Lo disuruh tiduran terus ya, trus begitu bangun, lo jadi gak doyan makan?"

No! Hypnolangsing bukan seperti itu, hypnolangsing bukan seperti hipnosis panggung yang membuat 'korban'nya tertidur, lalu si hipnotis memberikan sugesti-sugesti, kemudian membangunkan 'korban'-nya lagi, dan dalam sekejap saja si 'korban' menjadi tidak doyan makan dan merasa sudah langsing. Bukan! Cara seperti itu tidak akan pernah berhasil.

Hypnolangsing adalah proses, tidak memberikan hasil dalam sekali tutupan mata. Hypnolangsing bukan pula perlombaan siapa yang paling cepat menurunkan berat badan.

Hypnolangsing adalah self-hipnosis, setiap orang memiliki hasil yang berbeda. Tidak ada positifnya membandingkan hasil pribadi dengan orang lain.

Pada awalnya aku dibantu oleh hipnoterapis dalam tiga sesi pertemuan. Pada masa-masa ini, aku sering kali mengerutkan kening dan memikirkan makna sugesti yang baru diberikan. Like Whitney Houston, I think, "It's not right but it's okay!" :D

Namun proses pembelajaran itu tidak berlangsung lama, tanpa perlu mempertanyakan, aku melakukan sugesti yang diberikan; dan ajaibnya, semakin lama, sugesti itu semakin otomatis dan refleks pada diriku. I know that I can do my self-hipnosis. It's me, who's taking control now!

Jadi sekali lagi bisa aku ulangi, HypnoLangsing adalah proses, kecepatannya ditentukan oleh kita sendiri.

"Jadi tiga kali sesi itu isinya apa aja ya?"

Nah kalau yang ini, nanti aja jawabnya ya, dipostingan berikutnya... :)

0 comments:

Post a Comment